Senin, 15 Oktober 2018

TIDAK MENERIMA PERMINTAAN BON KOSONG

Nota adalah bukti transaksi pembelian sejumlah barang secara tunai. nota dibuat oleh penjual dan diberikan kepada pembeli. Nota kosong bisa diartikan sebagai bukti transaksi tanpa nilai nominal, tanpa tanggal transaksi dan di bumbui dengan cap toko sebagai tanda ke absahan nota tersebut.
  •  Fungsi Nota Kosong :
1. Tanda bukti untuk pelaporan misal keatasan, ke instansi terkait atau lebih tinggi ( misal Guru untuk pelaporan ke sekolah, sekolah minta nota kosong untuk SPJ ke dinas Pendidikan. DLL ).
2. Tanggal dan nominal transaksi bisa ditentukan sesuai dangan keinginan konsumen.
3. Pembelian dari beberapa toko atau penjual bisa dibuat dalam satu toko/ satu nota.
  • Kerugian nota kosong untuk penjual atau toko
  1. Menghabiskan waktu untuk melayani pelanggan yang meminta nota kosong, apalagi kita sebagai penjual disuruh mengisi pula.
  2.  Ada kecenderungan konsumen membeli barang dari toko lain dan membuat nota dari toko kita. ditoko lain harganya lebih murah tapi tidak bisa minta nota kosong,di toko kita barang lebih mahal tetapi tetapi nota kosong bisa lebih mudah di pinta.
  3. kedepan atau di kemudian hari ada kemungkinan kita sebagai penjual yang ngasih bon kosong bisa berhadapan dengan hukum.
  • Beberapa cara menolak permintaan nota kosong 
  1. Menuliskan tulisan " Tidak Melayani Permintaan Nota/Bon kosong "
  2. Mengganti sistem Nota yang ditulis manual dengan Struk yang di print dengan menggunakan sistem kasir yang ditunjang dengan unit komputer dan printer POS atau Printer Thermal.


 Opsi yang kedua yang kami ambil dan diterapkan di Toko kami, walaupun kami juga masih menyediakan nota manual untuk beberapa konsumen yang sudah berlaganan dan sudah kami kenal.



Persiapan Peralatan
  • Komputer Set ( CPU + monitor ) atau dengan Vcloud point s100  
  • Printer POS / Printer Thermal ( lebih murah )
" BEBERAPA KEMUDAHAN MENGGUNAKAN SISTEM KASIR "
  1. Memudahkan bertransaksi karena item barang dagangan kita sudah ter input di dalam sistem, 
  2. Tidak perlu mengingat harga barang karena harga sudah ada tinggal ketik dalam mode pencarian atau search.

  1. Mudah digunakan baik oleh karyawan baru atau karyawan lama, karyawan baru yang tidak hapal harga jual barang dan jasa atau karyawan lama yang hapal semua harga di toko.
  2. Memudahkan dalam pencatatan keuangan dan memudahkan Owner dalam menganalisi usaha yang sedang dijalankannya. beberapa fitur laporan yang biasanya da dalam sistem kasir
  • Beberapa kendala yang kami hadapi dalam menggunakan sistem kasir 
  1. Bertahun-tahun menggunakan sistem nota manual dan sekarang mau tidak mau harus bermigrasi ke sistem kasir serasa lebih sulit dibanding jilid hardcover atau mengganti benang wire kalau dalam Usaha fotocopy dan jasa print. beberapa tips yang kami lakukan memperkuat keyakinan bahwa anda akan hijrah dari sistem manual ke sistem otomatis, mendisiplijnkan sumua karyawan atau personil yang terlibat dalam aktivitas untuk meng input semua transaksi sekecil apapun kedalam aplikasi kasir walaupun hanya fotocopy 1 lembar saja.
  2. karena sistem kasir ini baru bagi kami, biasanya kami belum terbiasa menggunakan komputer dan meng input transaksi ke dalam aplikasi, bisa-bisa orang yang antri mau fotocopy sama dengan karyawan yang ngantri mau bikin nota atau struk karna salah satu karyawan yang telah melakukan transaksi lama meng input. antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan menambah atau memposisikan salah satu karyawan sebagai kasir di depan, jadi semua transaksi kasir yang mengurus, dan karyawan yang lain hanya sebagai bagian produksi atau team teknis saja. alternatip yang lain dan yang kami pakai adalah menambah  jumlah komputer kasir menjadi 2 unit. 1 kasir utama satu kasir cadangan. 




Banyak alternatif yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan pengeloa toko atau pemilik toko yang terpenting niat dan kedisiplinan saja.

sample Sistem kasir yang bisa digunakan bisa kunjungi web resminya. RENE 2
https://cpssoft.com/allproducts/rn2

untuk percobaan bisa kirim via aplikasi telegram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JASA PRINT DOKUMEN ONLINE DAN VIRUS CORONA ( COVID-19) DI GARUT

JASA PRINT DOKUMEN ONLINE DAN VIRUS CORONA ( COVID-19) DI GARUT Hari ini tanggal 26 Maret 2020 waktu tulisan ini dibuat, Situasi di k...